ANDIK SASMITRO

ANDIK SASMITRO

Jumat, 12 Juli 2013

Contoh RPP Matematika VII SMP Kurikulum 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah                                     : SMPN 6 KOTA PROBOLINGGO
Mata Pelajaran                                     : Matematika
Kelas                                                   : VII/ Genap
Materi Pokok                                       : Aritmetika Sosial  (Bunga Tunggal)
Alokasi Waktu Seluruhnya                  : 10 JP  @ 40 menit
Pertemuan ke                                       : 5 dari 5 pertemuan (2 x 40 menit)
A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Siswa dilatih sikap berani bertanya, berpendapat, mendengar pendapat orang, bekerjasama dalam kelompok, bekerjasama dalam aktivitas sehari-hari.
2.     Siswa dapat mengkomunikasikan pengetahuannya tentang pengertian bunga tunggal
3.     Siswa dapat menggunakan konsep bunga tunggal  untuk menyelesaikan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari
4.     Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang  terkait dengan bunga tunggal
B.      KOMPETENSI DASAR  DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
2.2        Memiliki sikap terbuka, santun, obyektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam   interaksi kelompok maupun aktifitas sehari-hari.
2.2.1     Membiasakan sikap berani bertanya, berpendapat, mendengar pendapat orang lain, menerima pendapat orang lain, bekerjasama dalam kelompok atau TEAM     dan dalam kehidupan sehari-hari
4.2  Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmetika sosial sederhana
4.2.1   memahami konsep bunga tunggal dalam hubungannya dengan  perbankan atau koperasi
4.2.2   menggunakan konsep perhitungan bunga tunggal dalam menyelesaikan masalah nyata kaitannya dengan simpanan pada bank atau koperasi
4.2.3   menyelesaikan permasalahan yang mengandung konsep bunga tunggal

C.        MATERI PEMBELAJARAN
v  Bunga Tunggal :
Jika modal (M) ditabung dengan bunga b% setahun, maka besarnya bunga tunggal (B) dirumuskan sebagai berikut :
·         Awal pembelajaran ini akan ditayangkan slide berisi  jangka waktu penyimpanan dan bunga.
·         Sebagai bahan diskusi kelompok diambilkan  pada buku siswa yaitu :
                                masalah 7.9  Buku Matematika SMP/Mts Kelas VII, Depdikbud 2013 halaman 299.
D.        METODE PEMBELAJARAN
                Tanya jawab, diskusi kelompok

E.        MEDIA PEMBELAJARAN
                - LCD (slide berisi jangka waktu penyimpanan dan bunga), Lembar Kerja Siswa

F.        SUMBER BELAJAR
Buku Siswa Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII, Jakarta  Kemendikbud RI 2013, Halaman 299  s.d   301
        
G. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan Siswa
Deskripsi Bentuk Bantuan Guru
Waktu
Pendahuluan
1.      Menjawab sapaan Guru dan ketua kelas memimipin doa mengawali kegiatan belajar;
2.      Menjawab pertanyaan Guru tentang kehadiran siswa
3.      Memperhatikan penjelasan guru tentang cara belajar kelompok
Menyapa siswa dengan salam dilanjutkan doa

Menanyakan jumlah kehadiran siswa

Menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh dengan kelompok
10
Inti
Mengamati.





Menanya








Mencoba







Menalar




Membentuk jejaring

1.      Siswa  mengamati tayangan  Slide




2.      Jika  ingin menyimpan uang dalam bentuk tabungan, manakah  jangka waktu yang akan di Pilih ?
Berikan alasannya.




3.      Siswa secara berkelompok berdiskusi mengerjakan masalah 7.9  Buku Matematika SMP/Mts VII , Depdikbud 2013 hal. 299.  Siswa mengerjakan pada Lembar Kerja.

4.      Siswa secara kelompok mendiskusikan masalah di atas dan menemukan  penyelesaiannya.

5.      Salah satu siswa mempresentasikan hasil kerjanya.



Menginformasikan persaingan bisnis antar bank dalam menarik simpati masyarkat untuk menyimpan uangnya  baik dalam bentuk tabungan maupun deposito.

Menginformasikan bahwa simpanan pada  bank dengan suku bunga tertinggi akan banyak peminatnya . Mengapa ?
Mengamati siswa berdiskusi pada masing-masing kelompok



Bagaimana jika bunga tunggalnya  12%, 18% pertahun ?
Berapa jumlah  tabungan pada akhir bulan ke- 6 ?








Menyarankan kepada siswa yang lainnya untuk memberikan tanggapan/pendapatnya

5





5








15











15




Penutup
1.      Siswa dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang bunga tunggal dalam menyimpan uang di bank atau koperasi



2.      Siswa  mengerjakan tugas yang diberikan guru dirumah.

3.      Memberikan uji kompetensi ke-5
Guru membimbing merangkum isi pembelajaran hari ini dan menginformasikan garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya, yaitu transformasi (siswa diminta untuk membaca buku siswa halaman  303 – 320)

Guru memberikan tugas yang dikerjakan dirumah  

Menentukan bunga setelah t hari dan setelah t tahun.
5







5


20

H. PENILAIAN HASIL PEMBELAJAR
           Penilaian Pertemuan Ke- 5
1.   Prosedur Penilaian Sikap:
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1
Berani bertanya
Pengamatan
Kegiatan inti no. 1 – 5
2
Berpendapat
Pengamatan
Kegiatan inti no, 1 – 5
3
Mau mendengar orang lain
Pengamatan
Kegiatan inti no. 1 – 5
4
Bekerjasama
Pengamatan
Kegiatan inti no. 1 -  5
5
TP 4.2.1
Tes lisan
Kegiatan inti no. 1- 5
6
TP 4.2.2 s.d TP4.2.3
Tes Tertulis
Kegiatan penutup no.2

Instrumen Pengamatan Sikap :
Aspek Sikap Sosial yang diamati
Tally
Frekuensi
Skor maks
Mengemukakan ide/pendapat
Pada saat diskusi kelompok /kelas siswa mengemukakan pendapatnya


4
Bertanya
Pada saat diskusi kelompok/kelas siswa bertanya pada teman atau guru


4
Mendengar
Pada saat diskusi kelompok/kelas siswa mendengarkan dan memperhatikan jika orang lain berbicara


4
Kerjasama
Siswa senantiasa bekerjasama dengan anggota kelompok siswa yang lain


4
Total Skor


16
Rubrik Penskoran
Skor 0 tidak melakukan sama sekali aspek yang diamati
Skor 1 melakukan aspek yang diamati 1 kali
Skor 2 melakukan aspek yang diamati 2 kali
Skor 3 melakukan aspek yang diamati 3 kali
Skor 4 melakukan aspek yang diamati lebih dari 3 kali

 Klasifikasi sikap yang diamati
0 ≤  nilai < 25        : sikap sosial kurang
25 ≤  nilai < 50      : sikap sosial cukup
50 ≤  nilai < 75      : sikap sosial baik
75 ≤  nilai ≤ 100    : sikap sosial sangat baik















Format penilaian Sikap
Sekolah                        : ………………….
Kelas/Sem        : VII / 2
Mata Pelajaran : Matematika
Tema               : Bunga Tunggal
Kelp
Nama
Aspek yg dinilai
SKOR

NILAI
Mengemukakan Pendapat
Bertanya
Mendengar
Kerjasama
I
1.     Budi







2.     Dina







3.     Sela














II
4.      







5.      







6.      














III
7.      







8.      







9.      














IV
10.  







11.  







12.  














V
13.  







14.  







15.  














VI
16.  







17.  







18.  














VII
19.  







20.  







21.  














VIII
22.  







23.  







24.  














IX
25.  







26.  







27.  














X
28.  







29.  







30.  






                                                                                                           

2.   Instrumen Penilaian Pengetahuan  (Uji Kompetensi 5):
Rounded Rectangle: Petunjuk :
Kerjakan soal berikut secara individu, tidak boleh  bekerjasama atau nyontek.
	Soal :
1.	Amaq Sahid menabung di Koperasi Kartika sebesar Rp500.000,00 dengan bunga tunggal 18% pertahun. Amaq Sahid ingin membeli sepeda bekas seharga Rp582.500,00. Berapa bulan  minimal Amaq Sahid menabung di koperasi tersebut ?
2.	Mamiq Fikri menabung di bank AB sebesar Rp1.500.000,00. Pihak bank memberikan bunga tunggal 9% per enam bulan. Berapakah besar tabungan Mamiq Fikri pada akhir bulan ke -10 ?

Tes Uraian (Waktu maksimal : 15 menit)






        Rubrik Penilaian dan Penskoran soal  no.1 :
No   No
Alternatif Penyelesaian
Aspek yang dimunculkan
Skor
1

Tanpa menulis apapun
0
2
Uang Amaq Sahid (modal) sebesar Rp500.000,00
Harga sebuah sepeda bekas Rp580.000,00
Bunga tunggal koperasi 18 % pertahun
Menulis yang diketahui
1
3
                              = 7.500
                               = 80.000
                              =  10,67  bulan
Jadi minimal lama menabung 11 bulan                          
Menyelesaikan secara prosedural
1


1


1

1
SKOR MAKS
5
        Nilai =
Rubrik Penilaian dan Penskoran soal no.2 :
No
Alternatif Penyelesaian
Aspek yang dimunculkan
Skor
1

Tanpa menulis apapun
0
2
Uang Mamiq Fikri (modal) sebesar Rp1.500.000
Bunga tunggal bank AB 9% per enam bulan

Menulis yang diketahui
1
3
                              =  22.500
                                        = 225.000
                          =  1.725.000.
Menulis langkah-langkah sesuai prosedur
1


1



2
SKOR MAKS
5
        Nilai =
LEMBAR KERJA SISWA
ALTERNATIF JAWABAN  (HASIL DISKUSI):
Uang Nurwahid (Modal)                      = Rp . …………………….
Harga sebuah sepeda yg akan dibeli    = Rp. ………………………
Bunga tunggal                                      = ……….. %
Jawab:
Bunga selama 6 bulan yaitu:
           Bunga    =
                        =
                        = ……………………..
Uang Nurwahid selama 6 bulan adalah:
            Uang Nurwahid           = Tabungan (Modal)   + Bunga
                                                =   ……………..     + ………………….
                                                = …………………………

Kesimpulan (saran untuk Nurwahid):
…………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar